Penyusunan Profil dan Peta Potensi Desa

Senin, 20/08/2018

Pemerintah Desa Pejagan Kecamatan Jambesari Darus Sholah memiliki Program Penyusunan Profil dan Peta Potensi Desa, program ini di ambil berdasarkan sebuah keinginan kecil dari Pemerintah Desa Pejagan untuk memiliki dokumen yang dapat dijadikan referensi (sumber) bagi pihak luar yang berkeinginan mengadakan sebuah penelitian atau lain sebagainya.

Program penyusunan profil dan peta Desa ini dimulai dari pembuatan peta Desa Pejagan yang terdiri dari 15 RT (Rukun Tetangga) dan 5 RW (Rukun Warga), dari 15 dan 5 RT/RW ini akan kami kelompokkan beberapa potensi yang terdapat di Desa Pejagan. Sampai detik ini kami Desa Pejagan memiliki satu peta berukuran jumbo dengan spesifikasi potensi Peta Blok. Peta blok adalah peta yang menggambarkan suatu zona geografis yang terdiri atas sekelompok objek pajak yang dibatasi oleh batas alam dan/atau batas buatan manusia untuk kepentingan pengenaan PBB dalam satu wilayah administrasi pemerintahan desa/kelurahan. Peta blok ini memang sudah ada sejah pemerintahan sebelumnya.

KKN 226 Universitas Jember yang kebetulan bertempat di Desa Pejagan ikut juga berkontribusi dalam penyusunan peta Desa, secara akademik mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dari bangku kuliah selama 3 tahun. Penyusunan peta desa ini kami targetkan selesai dalam kurun waktu 3 hari, setelah ini kami akan menyusun profil desa dengan segala potensinya yang kemudian kami akan bukukan.

Kepala desa pejagan Bapak Nisun sangat mengapresiasi kegitan ini. “ kami berharap apa yang kita programkan dalam program pembagunan desa yang telah tertuang di RKP (Rencana Kerja Pembangunan) Desa Pejagan yang di wujudkan dalam APBDES (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Desa Pejagan dapat bermafaat bagi seluruh masyarakat Desa Pejagan pada khususnya dan juga bermafaat bagi seluruh masyarakat  Indonesia pada umumnya”. Tutur Kepala Desa Pejagan. (sof)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar