PENYULUHAN OLEH DISNAKERTRANS

Pejagan, 08/08/2018

Desa pejagan merupakan salah satu dari 9 desa di kecamatan jambesari darus sholah, dinas tenaga kerja dan trasmigrasi kabupaten bondowoso, memilih desa pejagan sebagai tempat dalam pelaksanaan penyuluhan “pelayanan penempatan tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja” tahun 2018.

Angkatan kerja adalah penduduk yang berumur 15 – 65 tahun (usia produktif/usia kerja) yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan. Maka yang disebut tenaga kerja adalah penduduk yang siap melakukan pekerjaan, dan telah memasuki usia kerja tersebut (working age population). Penduduk yang berumur kurang dari 15 tahun disebut dibawah usia kerja dan yang berumur lebih dari 65 tahun, dikategorikan penduduk non produktif.  Tetapi dalam aturan ketenagakerjaan, batasan tenaga kerja adalah seseorang yang berusia diatas 18 tahun (sebagian materi yang disakpaikan).

35 orang dari semua lapisan masyarakat desa pejagan yang hadir dalam kegiatan penyuluhan ini sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, bahkan dari salah satu peserta penyuluhan bertanya tentang lowongan kerja yang terdapat di DISNAKERTRANS. dari pihak dinas merespon baik dengan adanya pertanyaan salah satu peserta sambil lalu memberikan jawabannya ” Bahwa peluang kerja yang terdapat dibondowoso sangat banyak sekali dengan potensi alam yang dimiliki kabupaten bondowoso (bila mau berwirausaha), bahkan pihak dinas memiliki program kerja pelatihan kerja keluar daerah untuk memberi keterampilan kepada masyarakat bondowoso, waktu pelatihan berkisar 1-3 bulan, ujar narasumber.

akhir kegiatan penyuluhan ini, para peserta penyuluhan akan menindak lanjuti tawaran program pelatihan kerja yang akan difasilitasi oleh pemerintah desa pejagan kecamatan jambesari darus sholah kabupaten bondowoso.(sof)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar